Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola penilaian K13 di SMP Negeri 3 Penebel tahun Pelajaran 2018/2019 dengan supervisi akademik kepala sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Untuk memperoleh data dan informasi yang jelas terhadap tindakan yang dilakukan, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru mengelola penilaian K13 di SMP Negeri 3 Penebel tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil evaluasi terhadap kemampuan pengelolaan penilaian K13 guru di SMP Negeri 3 Penebel, pada pretes 49,2 (Kurang), pada Post tes siklus I 52,5 (Cukup) dan pada post tes siklus II mencapai 77,9 (Baik). Adapun saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah (1) guru yang menjadi subjek penelitian pada penelitian ini agar mengimbaskan pengetahuan tentang pengelolaan nilai K13 kepada anggotanya. (2) guru di SMP Negeri 3 Penebel agar senantiasa selalu memperbaiki kualitas pembelajarannya terutama dalam mengelola penilaian K13. (3) pengawas sekolah agar memberikan binaan lebih mendalam lagi terhadap guru di SMP Negeri 3 Penebel tentang penerapan K13, khusunya tentang pengelolaan nilai K13.