Main Article Content

Abstract

Penerapan pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan pendekatan saintifik bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII A semester ganjil SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Prestasi belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Tindakan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Tindakan pembelajaran dinyatakan berhasil, apabila skor rata-rata siswa mencapai 75 (cukup) dan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 85%. Hasil tindakan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dan II dari prestasi belajar sebelum tindakan (prasiklus). Skor rata-rata prestasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 69,41 (kurang), pada siklus I meningkat menjadi 79,25 (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 85,22 (baik). Ketuntasan kelas pada prasiklus sebesar 44%, pada siklus I sebesar meningkat menjadi 63%, dan pada siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan prestasi belajar IPA siswa mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah.

Keywords

discovery learning pendekatan saintifik IPA prestasi belajar

Article Details