Main Article Content
Abstract
Penerapan pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan pendekatan saintifik bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII A semester ganjil SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Prestasi belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Tindakan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Tindakan pembelajaran dinyatakan berhasil, apabila skor rata-rata siswa mencapai 75 (cukup) dan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 85%. Hasil tindakan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dan II dari prestasi belajar sebelum tindakan (prasiklus). Skor rata-rata prestasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 69,41 (kurang), pada siklus I meningkat menjadi 79,25 (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 85,22 (baik). Ketuntasan kelas pada prasiklus sebesar 44%, pada siklus I sebesar meningkat menjadi 63%, dan pada siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan prestasi belajar IPA siswa mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah.