Main Article Content

Abstract

Melalui Penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numered-head- together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kerambitan. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada hasil observasi selama ini yang menunjukkan bahwa hasil nilai tes awal siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kerambitan khususnya dalam mata pelajaran Matematika ada 16 orang siswa yang nilainya di bawah KKM yang ditetapkan sekolah. Dari hasil tes awal tersebut mengindikasikan bahwa perlu dilakukan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numered-Head-Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Pada Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX C yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil pada Tahun 2018. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numered-Head-Together (NHT) adalah fokus tindakan, dan berlangsung dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numered-head- together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kerambitan. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numered-head- together perlu dipertimbangkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Model pembelajaran kooperatif tipe numered-head-together hasil

Article Details