Main Article Content
Abstract
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah mengkaji sejauh mana penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Metodologi penulisan karya tulis ilmiah ini didasarkan atas kajian pustaka, yaitu mengumpulkan keseluruhan data tentang metode resitasi dalam pembelajaran matematika melalui studi kepustakaan, dengan mempelajari teori- teori yang bersumber dari literatur-literatur, sehingga data yang diperoleh adalah data sekunder. Untuk mengolah data yang diperoleh digunakan metode deskriptif-komparatif. Metode ini merupakan gabungan antara metode deskriptif dan metode komparatif yang dipadukan sedemikian rupa sehingga dapat dipecahkan beberapa permasalahan secara teoretis. Metode deskriptif dilakukan dengan jalan menyusun sistematis beberapa fakta atau data sehingga dapat ditarik simpulan secara umum. Sedangkan metode komparatif dilakukan dengan jalan mengadakan bandingan secara terus menerus sehingga diperoleh simpulan secara umum. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika.