Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya aktifitas belajar siswa dan keterampilan karya seni pada mata pelajaran seni budaya. Terlebih lagi di masa covid pandemi 19 ini siswa kurang bisa memahami materi dengan baik . Sehingga peneliti mencoba mengunakan media audio visual dalam proses membuat suatu karya seni pada pembelajaran ( PJJ ). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat suatu karya seni melalui penerapan media audio- visual pada mata pelajaran seni budaya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas melalui daring, .subyek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tabanan pada semsester 1 tahun 2020/ 2021. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data pelaksanaan sebelumnya . Pada tindakan II nilai rata-rata kelas sudah mencapai 68,64% dengan ketuntasan belajar 68,75 % dan pada tindakan III telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 80,22% dengan ketuntasan belajar 93,75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media audio- visual ini pada mata pelajaran seni budaya dapat meningkatkan hasil karya seni siswa.

Keywords

Media audio- visual keterampilan membuat karya seni

Article Details