Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII C SMP N 3 Penebel tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, diimplementasikan Model Inkuiri terbimbing agar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII C SMP N 3 Penebel tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas 29 orang. Objek penelitian adalah hasil dan ketuntasan belajar IPA siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Sedangkan data tentang ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan membandingkan nilai ulangan harian siswa dengan nilai KKM (nilai KKM=75). Apabila nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai KKM atau lebih, maka siswa tersebut dinyatakan tuntas, dan apabila belum mencapai KKM dinyatakan tidak tuntas. Persentase siswa yang telah mencapai KKM atau lebih menyatakan ketuntasan secara klasikal. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan model Inkuiri terbimbing , terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 70,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,17. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52% meningkat pada siklus II mencapai 90%.

Keywords

Model Inkuiri terbimbing hasil belajar IPA ketuntasan belajar

Article Details