Main Article Content
Abstract
enelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang secara umum bertujuan meningkatkan dan memperbaiki pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 27 orang. Data tentang prestasi belajar siswa diambil selama proses pembelajaran dengan menggunakan instrument tes yang diambil setelah selesai satu siklus pembelajaran dengan menggunakan tes prestasi belajar Tema 2. Hasil penelitian menunjukakan bahwa: 1) model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar Tema 2, 2) peningkatan terjadi cukup signifikan yakni dari siklus awal, siklus 1 sampai dengan siklus 2. Data awal menunjukkan ketuntasan prestasi belajar adalah 37,03 % Nilai rata-rata siswa yang dicapai adalah 63,96. Pada siklus 1 diperoleh peningkatan prestasi belajar Tema 2 yang menunjukkan ketuntasan 48,14 %, dengan rata-rata 67,00. Pada siklus 2 diperoleh peningkatan prestasi yang menunjukkan 88,88% . Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan menjadi 72,40 pada siklus II. dan 3) terdapat langkah-langkah yang tepat yang digunakan guru ketika menerapkan model pembelajaran Direct Instruction sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar Tema 2 siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 2 Buwit beberapa saran. Bagi guru-guru mata pelajaran Tema 2, model pembelajaran Direct Instruction (DI) ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran khususnya model pembelajaran; bagi siswa hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pijakan dalam rangka mengubah pola berpikir dalam belajar dari kebiasaan menunggu menjadi aktif, kreatif, dan mandiri dalam rangka meningkatkan ketuntasan belajar; bagi sekolah dalam rangka meningkatkan kegairahan guru dalam melakukan penelitian agar memberikan motivasi berupa sarana prasarana yang lebih lengkap sehingga memacu kreatifitas guru dalam melakukan penelitian. bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman awal untuk menyusun penelitian sejenis guna penyempurnaan dan pengembangan penelitian yang ditujukan dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan.