Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah kewarganegaraan, salah satu tema yang menjadi sektor unggulan dalam pengembangan karakter siswa. Secara khusus bertujuan untuk (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang sesuai dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (2) mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran PKn untuk mengembangkan sikap dan karakter pada siswa sekolah dasar. adalah pendekatan kualitatif. Kemudian untuk metode yang dilakukan yaitu dengan metode studi literatur. Dimana penulis mengumpulkan data dari rujukan artikel dan jurnal yang tersedia di website terpercaya. Hal ini dikarenakan kondisi saat ini yaitu pandemi covid-19, yang membatasi semua orang untuk beraktivitas diluar rumah. Pada kenyataannya, pelajaran pendidikan kewarganegaraan belum cukup berhasil untuk menjalankan peran ini dengan baik karena proses yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan hanya diaktifkan dalam prestasi, manajemen afektif/sikap diabaikan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu mengkaji modifikasi dalam pembelajaran pendidikan pendidikan, salah satunya dengan mengintegrasikan konsep karakter ke dalam pengembangannya agar lebih mampu mengembangkan dan membentuk karakter siswa sekolah dasar.