Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD Berbantuan Media Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Jatiluwih Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Jatiluwih Badung pada mata pelajaran Matematika kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2019/2020, yaitu antara bulan Januari sampai bulan Maret tahun 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 3 Jatiluwih yang terdiri dari 12 siswa, 7 laki-laki dan 5 perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes untuk data hasil belajar Matematika. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Implementasi model pembelajaran STAD berbantuan media powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri 3 Jatiluwih, dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Dari skor rata-rata hasil belajar matematika siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas hasil belajar pada siklus I sebesar 68,75 % dan pada siklus II menjadi 81,25%. Dan ketuntasan klaksikal pada siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II menjadi 91,67%.

Keywords

Hasil belajar model pembelajaran STAD berbantuan media powerpoint pembelajaran matematika

Article Details