Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam upaya meningkatkan Hasil belajar matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejaten Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Pejaten pada mata pelajaran matematika kelas V Semester I tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 3 Pejaten yang banyaknya 23 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran snowball throwing pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejaten , dapat meningkatkan Hasil belajar matematika siswa. Dari skor rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas hasil belajar pada siklus I sebesar 65% dan pada siklus II menjadi 81%. Dan ketuntasan klaksikal pada siklus I sebesar 52% dan pada siklus II menjadi 91%.

Keywords

hasil belajar matematika snowball throwing

Article Details