Main Article Content
Abstract
Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tema 1 Siswa Kelas VB Semester II SD Negeri 8 Banjar Anyar bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendiskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Mind Mapping dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VB sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran Tema 1 di kelas VB sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penerapan langkah-langkah pembelajaran Mind Mapping dapat berjalan sesuai skenario, (2) penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Tema 1siswa kelas VB sekolah dasar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 50,00%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 60,00%, pada siklus II meningkat menjadi 90,90%.