Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar bahasa inggris pada materi It’s A Beautiful Day siswa siswa VIIA semester I SMP Negeri 4 Marga tahun pelajaran 2021/2022 yang baru mencapai 63,59. Hasil tersebut jauh dibawah KKM yang diharapkan yaitu 70, sehingga perlu dicanangkan peningkatan prestasi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris pada materi It’s A Beautiful Day melalui penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray bagi siswa VIIA semester I SMP Negeri 4 Marga tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, demikian pula halnya dengan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa inggris pada materi It’s A Beautiful Day siswa VIIA semester I SMP Negeri 4 Marga tahun pelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray ini terbukti dari data yang berhasil diperoleh yaitu dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa baru mencapai 63,59 dengan prosentase ketuntasan belajar 31,25% setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68 dengan prosentase ketuntasan belajar 50%. Pada siklus II setelah dilakukan penyempurnaan dari kekurangan yang ditemukan pada siklus sebelumnya prestasi belajar siswa meningkat menjadi 75,91 dengan prosentase ketuntasan belajar 93,75%. Dapat disampaikan kesimpulan bahwa prestasi belajar bahasa inggris pada materi It’s A Beautiful Day dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray bagi siswa VIIA semester I SMP Negeri 4 Marga tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords

Model pembelajaran Two Stay Two Stray Prestasi Belajar

Article Details