Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas IXA Semester II SMP Negeri 4 Pupuan Tahun pelajaran 2018/2019 setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 68,50 dengan ketentuan belajar 16,67% meningkat pada siklus I menjadi 73,46 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 54,17% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 80,42 dengan ketuntasan belajar 91,67%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas IXA Semester II SMP Negeri 4 Pupuan Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.