Main Article Content

Abstract

Peran UMKM yang relatif signifikan terhadap pembangunan ekonomi menjadikan keberlangsungan UMKM dinilai patut untuk dipertahankan terlebih dengan adanya pandemi Covid19 saat ini. Era New Normal saat ini memberikan peluang dan tantangan bagi pelaku UMKM untuk kembali membangun usahanya yang sempat terpuruk karena adanya pembatasan kegiatan seperti PPKM. Pelaku UMKM harus menemukan strategi pemasaran yang tepat sebagai pijakan bagi UMKM agar dapat mempertahankan keberlangsungan usaha dalam situasi pandemi saat ini. Keberlangsungan usaha juga tidak terlepas dari peran Pemerintah dalam mendorong sektor UMKM melalui serangkaian upaya dan kebijakan yang digulirkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai pengaruh strategi pemasaran dan peran Pemerintah terhadap keberlangsungan UMKM pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Hasil dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran dan peran Pemerintah dapat menjadi faktor penunjang untuk mewujudkan keberlangsungan UMKM. Kondisi perekonomian yang tidak stabil akibat adanya pandemi Covid-19 memaksa pelaku UMKM untuk bergerak cepat mempertahankan keberlangsungan usaha, salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat seperti menjalankan sistem pemasaran digital. Peran Pemerintah juga tidak kalah pentingnya untuk menggerakkan perekonomian pada masa pandemi, terbukti dengan membaiknya pertumbuhan perekonomian pada kuartal III Tahun 2021 setelah bergulirnya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya program bantuan yang ditujukan untuk UMKM.

Keywords

Strategi Pemasaran Peran Pemerintah Keberlangsungan Usaha

Article Details