Main Article Content

Abstract

Peningkatan prestasi belajar sangat perlu diupayakan. Dalam penelitian ini tujuan penelitian yaitu untuk peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pada materi teks pidato persuasif siswa kelas IX.A semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Pupuan setelah diterapkan metode pemberian tugas (resitasi) berbantu media whatsapp dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 32 siswa yang belajar siswa kelas IX.A semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Pupuan setelah data dikumpulkan lewat instrumen tes prestasi belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh data awal dengan rata-rata 69,44 ketuntasan belajar 28,13%. Data ini meningkat pada siklus I menjadi 72,09 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 46,88% dan pada silkus II data itu meningkat menjadi 79,91 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 90,63%. Pada siklus ke II telah diperoleh data sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian dengan perolehan nilai rata-rata melebihi KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks pidato persuasif. Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini dicukupkan sampai pelaksanaan siklus II mengingat keberhasilan yang dicapai sudah sesuai harapan, pelaksanaan proses belajar mengajar sudah maksimal dapat dilaksanakan, inovasi sudah giat dilakukan, bimbingan bagi siswa yang penyerapan keilmuannya masih rendah juga telah mampu diperbaiki. Dari uraian data tersebut dapat disampaikan kesimpulan bahwa metode pemberian tugas (resitasi) berbantu media whatsapp dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi teks pidato persuasif siswa kelas IX.A semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Pupuan.

Keywords

Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Media Whatsapp Pembelajaran Bahasa Indonesia Prestasi Belajar

Article Details