Main Article Content

Abstract

Sebagian besar siswa di kelas IX.C semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Timur tahun pelajaran 2020/2021 belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 75. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah meningkatkan prestasi belajar seni budaya siswa Kelas IX.C Semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Timur tahun pelajaran 2020/2021 melalui penggunaan model pembelajaran creative problem solving berbantu aplikasi google classroom dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi belajar seni budaya siswa dari nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,25 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 28,13%, pada siklus I sudah meningkat menjadi 73,56 dengan ketuntasan belajar 53,13% dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 79,63 dengan ketuntasan belajar 90,63%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran creative problem solving berbantu aplikasi google classroom dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa Kelas IX.C Semester I di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur tahun pelajaran 2020/2021 sesuai harapan.

Keywords

Prestasi Belajar, Model pembelajaran creative problem solving, Aplikasi google classroom

Article Details