Main Article Content
Abstract
Proses belajar mengajar di dalam kelas dapat berhasil bila menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran CTL? (b) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Tema 6 dengan diterapkannya model pembelajaraan CTL? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran CTL, (b) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 2 Pejaten. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kegiatan awal sampai siklus II yaitu, kegiatan awal (63,63%), siklus I (68,18%), siklus II (95,45%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III semester 2 tahun pelajaraan 2019/2020 SD Negeri 2 Pejaten, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran CTL.