Main Article Content

Abstract

Peneliti merasa sangat perlu adanya supervisi tentang kegiatan guru karena supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-guru arahannya seperti tuntutan-tuntutan oleh kepala sekolah di satu pihak sedangkan di pihak guru-guru, di dalam diri mereka ada suatu kemampuan untuk menjalankan atau tidak melaksanakan tuntutan kepala sekolah. Seseorang yang mempunyai komitmen tinggi akan selalu berusaha bekerja dengan memanfaatkan waktu dan kemampuan secara pptimal untuk meningkatkan kinerjanya. Seperti meningkatnya kemampuan guru-guru membuat dan melaksanakan inovasi proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan diri dalam melaksanakan penilaian, evaluasi dan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan. Mereka bekerja dengan perencanaan yang sistematais, menggunakan waktu dengan efektif, merumuskan sasaran kerja dan berusaha untuk mensukseskan dan mencapai hasil yang bermutu dari pekerjaannya.Penelitian tindakan dalam bidang supervisi yang penulis gunakan adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan pendekatan klinis. Teknik supervisi yang digunakan adalah kombinasi antara teknik supervisi individual, pertemuan dan pendapat siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tipe isian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan melalui 2 siklus. Keberhasilan yang dicapai adalah meningkatnya kemampuan guru-guru dari awalnya dengan rata-rata nilai 62,08 pada kriteria kurang, pada siklus I telah meningkat menjadi 68,78 pada kriteria cukup dan pada siklus ke II meningkat menjadi 83,15 pada kriteria baik.

Keywords

penerapan, supervisi, pengajaran

Article Details