Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX.C pada semester II SMP Negeri 2 Penebel tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkan model pembelajaran problem solving berbasis google classroom. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 71,26 dengan ketentuan belajar 34,88% meningkat pada siklus I menjadi 72,71 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 48,84% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 83,58 dengan ketuntasan belajar 97,67%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran problem solving berbasis google classroom mampu meningkatkan prestasi belajar kemagnetan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IX.C pada semester II SMP Negeri 2 Penebel tahun pelajaran 2019/2020. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Keywords

model pembelajaran problem solving, berbasis google classroom, pembelajaran ipa, prestasi belajar

Article Details