Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi dan tarif jasa komoditi emas derivatif terhadap loyalitas nasabah pada suatu perusahaan yang berlokasi di Denpasar yaitu PT Kontakperkasa Futures. Perusahaan mempunyai salah satu produk yaitu produk emas yang memberikan jasa pelayanan pembelian dan penjualan emas yang berisifat derivatif (turunan). Yang dimaksud dengan penjualan dan pembelian disini adalah penjualan dan pembelian sebatas harga pasar emas saja dan secara fisik kita tidak memegang emas itu. Jadi yang ditransaksikan disini adalah sebatas perubahan harga pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dimana pengumpulan data utama dilakukan melalui kuesioner. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis jalur (Parth Analysis). Hasil penelitian dan perhitungan maka diperoleh besarnya pengaruh promosi dan tarif jasa komoditi emas derivatif yang dilaksanakan oleh PT. Kontrakperkasa Futures terhadap loyalitas nasabah, secara simultan sebesar 78,07%, sedangkan pengaruh dari faktor lain besarnya 21,93%. Sub variabel jasa yang terbesar pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah adalah tarif jasa komoditi emas derivatif yaitu sebesar 39,55%, sedangkan untuk nilai terkecil pengaruh promosi jasa sebesar 38,52%. Mengenai loyalitas dalam kuesioner maka didapat rata-rata responden melakukan pembelian luar lini produk sangat sering , sering dan cukup sering sebesar 98,26%, Frekuensi pembelian sangat sering, sering dan cukup sering sebesar 98.26%. Untuk penciptaan prospek respon sangat sering, sering dan cukup sering sebesar 98,25%. Penolakan terhadap jasa lain yang sejenis respon responder sangat sering, sering dan cukup sering sebesar 98,26%. Nilai kisaran prosentase untuk promosi sangat setuju 23,48% s/d 44,35%, setuju 41,74% s/d 53,04%, cukup setuju 10,43% s/d 19,13%, kurang setuju 0,87% s/d 3,48% dan tidak setuju kisaran 0,87% s/d 6,96%. Selanjutnya untuk tarif kisaran harga sangat setuju 43,48% s/d 50,43%, setuju 34,78% s/d 39,13%, cukup setuju 8,70% s/d 13,04%kurang setuju 1,74% s/d 2,61% dan tidak setuju 1,74% s/d 2,61%

Keywords

Tarif , promosi dan loyalitas.

Article Details