Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus pada fenomena anomali pasar, yaitu Monday Effect dan Weekend Effect pada Saham Perusahaan LQ 45 di Burssa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan analisis data secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan return saham akibat hari perdagangan saham (Senin s/d Jumat) serta untuk mengetahui apakah terjadi Monday Effect dan Weekend Effect pada perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitiaan ini adalah daftar saham unggulan pada Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia pada periode Agustus 2019 sampai dengan Januari 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data di analisis dengan menggunakan one sample t-test dengan uji normalitas Shapiro-Wilk Test serta metode rata-rata return. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara return saham harian perusahaan yang masuk dalam LQ 45 pada hari-hari perdagangan dalam satu pekan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini sekaligus juga menggambarkan bahwa tidak terjadi Monday Effect dan Weekend Effect pada perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia.