THE EFFECT OF DIGITAL LITERACY AND ENTREPRENEURIAL BEHAVIOR ON HOME INDUSTRY INCOME

Authors

  • Muhammad Rapii Rapii Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.58878/sutasoma.v3i2.380

Keywords:

Digital Literacy, Entrepreneurial Behavior, Income

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menilai dampak literasi digital dan perilaku kewirausahaan terhadap pendapatan industri rumahan, baik sebagian maupun kolektif, di Kecamatan Sukamulia. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kuantitatif asosiatif, memanfaatkan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pengusaha industri rumahan di Dasan Lekong, Sukamulia, berjumlah 112 individu, di mana 50 dipilih sebagai sampel menggunakan metode simple random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Temuan ini mengungkapkan hubungan positif dan signifikan antara semua variabel penelitian. Pada uji parsial (uji-t), nilai hitungan t untuk literasi digital adalah 8.070, sedangkan untuk perilaku kewirausahaan adalah 8.230. Pada uji simultan (Uji-F), nilai hitungan-F untuk pengaruh literasi digital dan perilaku kewirausahaan terhadap pendapatan industri rumahan adalah 48.111. Selanjutnya, uji koefisien penentuan menghasilkan hasil 0,658, menunjukkan bahwa 65,8% pendapatan industri rumahan dapat dijelaskan oleh variabel literasi digital dan perilaku kewirausahaan, sedangkan sisanya 34,2% dikaitkan dengan variabel lain yang tidak diamati. Literasi digital menyumbang kontribusi efektif sebesar 22,31% dan kontribusi relatif sebesar 65,22%. Sebaliknya, perilaku kewirausahaan berkontribusi 10,40% secara efektif dan 34,78% secara relatif. Bersama-sama, literasi digital dan perilaku kewirausahaan berkontribusi total 32,71% secara efektif dan 100% relatif.

References

Abdullah, M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Alma, Buchari. 2017. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Arianto. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1985-2007"jurnal skripsi,Semarang:Fakultas Ekonomi Diponegoro.

A'yuni, Qory. 2015. Literasi Digital di Kota Surabaya: Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Darmanto. 2016. Manajemen Pemasaran. Surakarta: Deepublish.

Dewi, Komala. 2021. Pengaruh Pemasaran dan Perilaku Enterpreneur terhadap Pendapatan Home Industry Tahu Loloh Dasan Pungkang Masbagik Timur. Skripsi. Selong: Universitas Hamzanwadi.

Enre, Ambo, Debora Hutagalung, Henri Abdiel Simbolon, and Marcella Theresia Ong. 2020. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar.” Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi 4(1).

Fahrurrazi, Muh. 2017. Modul Praktis Kewirausahaan. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran. edited by Q. Media. Surabaya.

Ghozali. 2016a. “Metode Penelitian Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pergantian Manajemen, Dividend Payout Ratio Dan Leverage.” Journal of Auditor Switching 53(9):1689–99.

Hendarwan, Deddy. 2019. “Menumbuhkan Jiwa, Perilaku Dan Nilai Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis.” Mbia 17(2):59–68. doi: 10.33557/mbia.v17i2.345.

Juliantara, Ady. 2019. Statistik Penelitian. Denpasar: Keraras Emas

Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate). Malang: Universitas Brawijaya.

Kusumah, Echo Perdana. 2016. Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22.

Misbach, Irwan. 2017. “Perilaku Bisnis Syariah.” Jurnal Manajemen Dakwah 5:33–44.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Salim. 2019. Penelitian Pendidikan. edited by Kencana. Jakarta.

Sari, Nurul Amalia. 2019. “Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha UMKM Di Kota Makassar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Siyoto, S., dan Sodik, A. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Kencana

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Barupress.

Supriyanto, Muhammad, and Muhammad Taali. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di The Sun Hotel Madiun.” Epicheirisi 2(1):13–21.

Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran. Medan: Deepublish.

Tohar, M. 2000. Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Wirapraja, Alexander. 2021. Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yuliandi, C. D. 2017. Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Melalui Mediasi Modal Usaha. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Rapii, M. R. (2025). THE EFFECT OF DIGITAL LITERACY AND ENTREPRENEURIAL BEHAVIOR ON HOME INDUSTRY INCOME. Jurnal Sutasoma, 3(2), 8–17. https://doi.org/10.58878/sutasoma.v3i2.380

Issue

Section

Kewirausahaan

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.